Keangkuhan berasal dari ketidaktahuan

Keangkuhan berasal dari ketidaktahuan



Beberapa ahli ilmuwan seperti Newton, Einstein serta yang lain sesudah meraih puncak ilmu dan pengetahuan, mereka tetap masih memikirkan dengan penuh rasa hormat serta segan pada Sang Pencipta serta alam semesta, mereka seluruhnya tidak cuma mempunyai sikap agung, bermurah hati serta lega dada dalam terima kritikan dari orang lain, sikap mereka pada orang lain juga makin rendah hati. Sesungguhnya orang berpengetahuan tinggi didunia ini, mereka seluruhnya tahu prinsip untuk berlaku rendah hati pada orang lain. Cuma mereka yang buta pengetahuanlah yang berlaku congkak, sombong.

Dalam kenyataan kehidupan, banyak misal seperti ini. Menurut narasi, pada abad-19, ada seseorang pelukis terkenal dari Perancis bernama Elie Delaunay (1828-1891). Satu waktu dia pergi liburan ke Swiss, sehari-hari menanggung rack gambarnya pergi ke seluruhnya tempat untuk melukis serta bikin sketsa dari alam. Satu hari saat dia tengah melukis dengan serius di tepi danau Jenewa, di sampingnya datang mendekat tiga orang turis dari Inggris, sesudah lihat pada lukisannya, mereka lantas menuding-nuding pada lukisan itu serta mengritik sana sini. Yang satu menyampaikan bahwa di samping sini kurang bagus, yang lain katakan dibagian yang sana kurang bagus, seluruhnya kritikan yang dilontarkan ditampung oleh Delaunay serta satu per satu lukisan itu lantas diperbaiki sesuai sama kritikan yang diterimanya, serta selanjutnya dia masih tetap mengatakan " Terima kasih " pada mereka bertiga. Keesokannya, Delaunay tengah ada masalah pergi ke tempat lain, di stasiun kereta api, dia bersua lagi dengan ketiga orang yang tempo hari bersua di tepi danau itu, mereka tengah kasak-kusuk mendiskusikan suatu hal. Sesaat lalu, ketiga orang turis dari Inggris itu juga lihat dia, mereka lantas datang hampiri Delaunay serta ajukan pertanyaan, " Tuan, kami mendengar berita bahwa pelukis besar Delaunay tengah liburan disini, jadi kami punya maksud mengunjunginya. Tolong bertanya apakah Anda ketahui dia saat ini ada di mana? ". Delaunay berdiri agak membongkok menghadap ke mereka serta menjawab, " Sungguh tak pantas saya terima semua ini, saya yaitu Delaunay. " Sesudah mendengar perkataan ini, ketiganya jadi sangatlah terperanjat, teringat ketidak-sopanan mereka tempo hari, wajah mereka jadi merah serta satu persatu pergi meninggalkan tempat itu.

Berbalikan dengan misal diatas, di Jepang, saya sempat juga menjumpai seseorang anak muda yang berparas menawan, namun berwatak pongah serta congkak. Meskipun dia lulus dari kampus terkenal serta bekerja di suatu perusahaan yang terkenal juga, namun sekian kali, waktu dikenalkan untuk dijodohkan, senantiasa tidak diterima oleh pihak wanita. Ibunya sangatlah kuatir, lantaran mau tahu duduk permasalahannya ada di mana, ia lantas mempercayakan saya untuk berdiskusi dengan anak laki-laki-nya itu. Sesudah lewat satu pembicaraan dengannya, saya selekasnya tahu serta mengerti, karena dari penolakan beberapa wanita yang dikenalkan pada dia. Yakni dia senantiasa berasumsi dianya terhebat, pengucapan yang dilontarkannya penuh dengan kecongkakan serta rasa mau mengunggulkan diri. Dia tak tahu bahwa kesombongan itu mengisyaratkan ketidaktahuan, dengan bualan serta omongan kosong yang cuma mau untuk mengambil hati wanita, pada akhirnya terlebih menghadirkan anti-pati dari beberapa wanita itu.

Meskipun Anda seseorang yang mempunyai bakat yang menonjol, seandainya Anda terasa sombong lantaran mempunyai kekuatan, serta tidak ada henti-hentinya menyombongkan diri, jadi kekuatan yang Anda punyai itu cuma dapat membawa rasa sedih untuk Anda sendiri. Seorang yang cuma mau membual untuk menarik keyakinan dari orang lain, tak perduli dia mempunyai kekuatan yang sebenarnya atau tak, juga tak perduli dia mempunyai kedudukan yang seberapa tinggi, selanjutnya akan mengungkap kekurangan dianya lantaran over actingnya itu. Demikian sebaliknya, orang yang sangatlah memiliki bakat namun tampak bodoh seringkali membawakan kekaguman pada orang lain, orang yang sopan serta rendah hati senantiasa bakal bikin orang lain memberikan pujian pada serta menyimpan hormat, serta orang yang congkak serta pongah, oleh lantaran ketidak-tahuannya gampang jadi bahan tertawaan orang di semua dunia.

wdcfawqafwef